Hari ini tak seperti biasa, Fahri mengajakku ke restoran Saudi. Ikut gaya petinggi juru dakwah katanya. Suap kebab dan roti maryamnya berhasil. Dia memaksaku menjadi pendengar setia celotehannya. Tak mengapa, kebab penuh bawang bombay ini.

Fahri: Mas, Imam Ghazali itu salah ya
Aku: Hushh..ngawur kamu. Ulama ahli nasihat kamu bilangin salah
Fahri: Aku bingung e mas sama kata Ghazali iku
Aku: Imam..nganggo imam!
Fahri: Yo ikulah. Katanya yang paling jauh iku masa lalu
Aku: Lha yo bener. Mau dikejer ampe kapan dimana ga bisa kita ke masa lalu, satu detik barusan.
Fahri: Lha aku ini mas, semua dari masa lalu malah mendekat. Aku ini kan Fahri sekarang, bukan Fahri saat bilang aku Fahri sekarang. Apalagi Fahri sing dulu-dulu iku. Lha ini semua mendekat, masa lalu malah deketin, deket banget
Aku: Lho dunia masa lalu iku kadang berguna ri
Fahri: Berguna piye?
Aku: Masa lalu itu yang bikin kamu jadi Fahri sekarang
Fahri: Justru kalau sekarang harusnya ndak ada masa lalu. Cukup tau kalau iku berguna. Kata sampeyan tadi sedetik sebelum sekarang sudah masa lalu. Tidak sama lagi dengan sekarang. Kalau sama terus ya kita ga move on
Aku: Halah bahasamu dul
Fahri: Ya orang yang bergerak itu tandanya dia hidup. Orang hidup itu penginnya menuju enak. Sekarang nyoba makan soto, asin. Besok mungkin ga makan soto di tempat tadi, pengen yang lebih enak. Itu kan wajar tho mas. Ga melulu keasinan.
Aku: Masa lalu bisa bikin inget ri. Jangan-jangan masa lalu itu lebih baik dari yang sekarang. Inget lho, kamu yang sekarang kalau ga lebih bagus ya lebih jelek dari masa lalumu. Iya tho?
Fahri: iya ya mas. Lha aku sekarang ini lebih bagus apa lebih jelek mas?
Aku: Kelihatannya makin bagus ri. Lha buktinya masa lalu deket-deketin kamu. Masih nganggep kamu itu tukang sholat dhuha
Fahri: Kelihatannya? Aslinya makin deket neraka yo mas?
Aku: Wah iku bukan otoritasku je
Fahri: Jadi aku harus gimana ama masa lalu yang deketin ini?
Aku: Sak karepmu!

5 thoughts on “Lalu Masa

Leave a Reply

